Saturday, July 08, 2006

The Pearl of Orient


Pulau Pinang identik dengan jembatan Pulau Pinang-nya. Jembatan ini befungsi menghubungkan Pulau Pinang (PP) yang memiliki luas sekitar 285 km2 (bandingkan dengan kota Medan yang luasnya 265 km2) dengan Semenanjung Malaysia (SM). Secara administrasi Pulau Pinang State memiliki luas sekitar 1.030 km2, ini setelah ditambah dengan kawasan sekitar pesisir di SM yang dekat ke PP seperti Butterworth, Bukit Mertajam dan bahkan sampai ke Nibong Tebal.

Dengan panjang sekitar 13.5 km, jembatan PP mampu menjadi “icon” Negara bagian yang dijuluki sebagai “The Pearl of Orient” ini. Dengan diresmikannya jembatan ini oleh Dr Mahathir tahun 1985, jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Asia dan kelima terpanjang di dunia. PP merupakan Negara Bagian yang menurutku lebih maju dan berkembang di Malaysia. Secara geografis, berada di sebelah barat dari SM. Dengan penduduk sekitar 1,2 juta jiwa, PP dengan ibukotanya George Town, menjadi kota kedua terbesar dan terpadat di Malaysia setelah Kuala Lumpur tentunya.

Sebaran populasi penduduk PP menurut data tahun 1994:
Melayu sekitar 446.700 jiwa;
Bumiputera lainnya sekitar 1300 jiwa;
China sekitar 572.700 jiwa;
India sekitar 127.00 jiwa;
Lain-lain sekitar 6.200 jiwa.

Jembatan PP, aku pikir merupakan salah satu kebanggaan dari Negara Malysia. Jembatan ini merupakan megaproyek semasa kepemimpinan Mahathir di negeri jiran kita ini. Jembatan ini selalu ramai dipadati kendaraan dari berbagai wilayah di Malaysia, bahkan tidak sulit untuk menemui mobil dengan plat dari Thailand ataupun Singapore. Ini pertanda kalau PP memiliki daya tarik tersendiri yang manarik para pelancong dari berbagai kawasan. Kalau kita melihat gedung-gedung pencakar langitnya (spt nampak pada gambar di bawah dengan latar belakang gedung KOMTAR, gedung tertinggi di Penang), kita tentu akan bertanya dalam hati, ini kah Singaporenya Malaysia???

Ah, aku hanya berangan nih, kapan yak Indonesia punya jembatan sepanjang dan sebagus seperti jembatan PP ini. Setelah pembangunan jembatan SURAMADU, aku berharap akan dibangun pula, jembatan yang akan menghubungkan Jawa dan Sumatera. Semoga….aku akan melihatnya kelak.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home